Bermegah Di Dalam TUHAN

Mazmur 20:8 “Orang ini memegahkan kereta dan orang itu memegahkan kuda, tetapi kita bermegah dalam nama TUHAN, Allah kita.”

Dalam dunia ada banyak macam model kebanggaan. Ada orang yang bangga dengan kekayaan, rumah yang mewah, paras yang rupawan, pendidikan yang tinggi, dan hal-hal lainnya, semua model kebanggaan ini adalah model kebanggaan lahiriah. Sesuai dengan yang ditulis dalam Mazmur 20:8 kita bisa melihat bagaimana gambaran pemazmur yang memegahkan (bangga) dengan hal-hal yang dimiliki.

Dalam Perjanjian Baru yang terdapat dalam 1 Korintus 1:31, Rasul Paulus mengingatkan untuk kita bermegah di dalam Tuhan bukan bermegah dengah hal-hal lahiriah. Bermegah atau diartikan sebagai berbangga seperti kalau kita bandingkan dalam 1 Korintus 1:31, menurut Terjemahan TSI ” Oleh karena itu —  seperti yang tertulis dalam Firman Allah, “Orang yang mau bangga, berbanggalah hanya tentang apa yang Tuhan perbuat —  bukan membanggakan dirinya sendiri!”.

Oleh sebab itu sebagai anak Tuhan kita harus berbangga di dalam Tuhan karena apa yang Tuhan perbuat di dalam kehidupan kita. Ada 4 hal yang kita akan lihat dan dalami bagaimana Allah kita dan apa yang diperbuat-Nya bagi kita.

  1. Allah yang Maha Kudus (Yesaya 43:15) dan yang dilakukan Tuhan bagi kita adalah Menjadikan kita bangsa yang kudus (1 Petrus 2:9), menguduskan kita (Kolose 3:12 )kita dengan penuh keberanian menghampiri takhta kasih karunia, supaya kita menerima rahmat dan menemukan kasih karunia untuk mendapat pertolongan kita pada waktunya. (Ibr 4:16)
  2. Allah yang Maha Kuasa (Kejadian 17:1; Ulangan 10:17) dan yang dilakukan Tuhan bagi kita adalah menolong & memberkati kita (Efesus 1:19 – FAYH  “Saya berdoa supaya Saudara mengerti betapa besar kuasa-Nya untuk menolong mereka yang percaya kepada-Nya.”)
  3. Allah yang Maha Penyayang (Keluaran 34:6)dan yang dilakukan Tuhan bagi kita adalah mengasihi dan tidak meninggalkan kita (Ulangan 4:31 ; Kolose 3:12)
  4. Allah yang setia (Ulangan 7:9) dan yang dilakukan Tuhan bagi kita adalah memberikan dan menepati janji (Bilangan 23:19)

Dampak kita bermegah di dalam Tuhan ada dalam Mazmur 20:8-9 Orang ini memegahkan kereta dan orang itu memegahkan kuda, tetapi kita bermegah dalam nama TUHAN, Allah kita. Mereka rebah dan jatuh, tetapi kita bangun berdiri dan tetap tegak.”

Memegahkan kereta dan kuda (hal-hal lahiriah) maka akan rebah dan jatuh dan bagi yang Bermegah dalam nama TUHAN maka akan bangun berdiri dan tetap tegak (bangkit dan berdiri kukuh) atau dengan kata lain bangkit dan berdiri dengan tegap dan teguh.

Sebab itu marilah kita selalu bermegah dalam Tuhan

Ps.Yeni Wuntu- Ibu Gembala GPPK “House of Grace” BSD City

Close Menu