EL-ROI

Kejadian 16:13 “Kemudian Hagar menamakan TUHAN yang telah berfirman kepadanya itu dengan sebutan: “Engkaulah El-Roi. Sebab katanya: “Bukankah di sini kulihatDia yang telah melihat aku?“

Dalam Kejadian 16:1-16 menceritakan sebuah peristiwa yang terjadi. Dimana Allah lewat malaikat-Nya menjumpai Hagar dan menyampaikan sebuah pesan dan akhirnya membuat Hagar menyatakan akan pertolongan Tuhan dan menyatakan bahwa “El-Roi”.

El-Roi memiliki Arti yaitu Allah yang Maha melihat, (memperhatikan dengan seksama/mengawasi/mengamati). El-Roi menunjukkan sifat Allah. El-Roi ditunjukkan Allah dengan tindakan-tindakan-Nya yaitu :

  1. Allah yang melihat dan memperhatikan setiap kelemahan/kesusahan(Kejadian 16:13) Peristiwa yang dialami Hagar menunjukkan bagaimana Allah yang selalu memperhatikan setiap kelemahan/persoalan kita.
  2. Allah yang melihat sampai kedalam hati manusia(1 Samuel 16:7) Manusia memiliki keterbatasan dalam melihat setiap orang. Allah mampu untuk melihat sampai ke dalam hati manusia. Tidak ada satu pun yang tersembunyi di hadapan Allah. Allah melihat setiap hati, dan Dia menyatakan janji-Nya akan memberikan kekuatan kepada mereka yang memiliki kesungguhan hati/setia(2 Tawarikh 16:9a-Bandingkan dengan Alkitab BIS/BIMK)
  3. Allah yang melihat dan memperhatikan setiap pengikuti-Nya(Mazmur 33:18) Allah yang melihat dan memperhatikan Pengikut-Nya/setiap anak-anak-Nya. Ini menjadi kebanggaan akan Allah kita. Karena Dia memandang kita secara khusus dimana Dia memandang dan selalu memperhatikan kita dengan cara menolong ketika kita sedang membutuhkan pertolongan. (Mazmur 33:18-Bandingkan dengan Alkitab VMD).
  4. Allah yang melihat dan memperhatikan semua orang(Amsal 15:3) Allah yang memiliki kemampuan untuk melihat setiap orang. Tidak ada yang tersembunyi dihadapan-Nya. Semua dapat dilihat dengan jelas oleh Allah.(Amsal 15:3-Bandingkan dengan Alkitab FAYH dan juga Amsal 5:21 Bandingkan dengan Alkitab VMD)

Inilah El-Roi dimana Dialah Allah yang Maha melihat. Pernyataan El-Roi kita bisa lihat dalam Pribadi Yesus. Yesus menyatakan EL-Roi seperti dalam Matius 14:14 Ketika Yesus mendarat, Ia melihat orang banyak yang besar jumlahnya, maka tergeraklah hati-Nya oleh belas kasihan kepada mereka dan Ia menyembuhkan mereka yang sakit.

Bagi kita sebagai pengikut Tuhan biarlah kita selalu mengalami lawatan Tuhan Yesus, karena Dia selalu melihat, selalu tergerak hati-Nya oleh belas kasihan untuk menolong dan menyatakan kuasa mujizat-Nya bagi kita semua.

Ps.Jefry Wuntu-Staf Pastoral GPPK “House of Grace” BSD City

Close Menu