Semua Terbuka Di Mata TUHAN

Amsal 15:3 : Mata TUHAN ada di segala tempat, mengawasi orang jahat dan orang baik.

Salomo menuliskan bagaimana tentang kemampuan Tuhan dalam melihat semua orang. Baik itu orang yang baik maupun jahat. Tidak ada yang tersembunyi yang Tuhan tidak bisa lihat. Tentunya kemampuan Tuhan dalam melihat jauh lebih baik dan hebat dibandingkan dengan kemampuan penglihatan dari manusia, makhluk hidup yang lain ataupun dengan berbagai macam alat-alat yang dibuat oleh manusia.


Ketika Tuhan menciptakan langit dan bumi maka Tuhan melihat bahwa semua yang diciptakan-Nya itu baik (Kejadian 1:4, 10, 12, 18, 21, 25, 31). Ini menunjukkan bahwa dari awal penciptaan maka Dia mampu untuk melihat alam semesta ini dan juga kehidupan kita dan semuanya itu memberikan satu kesimpulan bahwa kita harus menjaga hidup kita dengan benar supaya kita dilihat baik oleh Tuhan.

Mazmur 139:1-12, Daud menuliskan bahwa Tuhan yang melihat dan mengetahui kehidupan setiap orang dan memperhatikan kehidupan orang yang percaya. Kita bisa melihat bagaimana pernyataan Daud tentang Tuhan :
Ay.1 : menyelidik dan mengenal
Ay.2,3 : mengetahui apa yang kita lakukan dan yang kita pikiran
Ay 4 : mengetahui setiap niat perkataan (isi hati) Ay.5-12 : Semua Tuhan tahu dan tidak yang tersembunyi dihadapan Tuhan.
Dari ungkapan Daud ini kita bisa mengerti bahwa kita punya Allah yang selalu melihat dan memperhatikan kita semua.

Tuhan yang melihat adalah 1. Tuhan yang selalu memperhatikan dan menolong dalam keadaan apapun. 2. Tuhan yang selalu bersama dengan kita kemanapun kita pergi. 3. Tuhan yang mengawasi dan akan meminta pertanggung jawaban dari apa yang dilakukan. Ibrani 4:13 Dan tidak ada suatu makhlukpun yang tersembunyi di hadapan-Nya, sebab segala sesuatu telanjang dan terbuka di depan mata Dia, yang kepada-Nya kita harus memberikan pertanggungan jawab.

bagi anak-anak Tuhan yang mengikuti jalan/kehendak Tuhan maka EL-ROI (Tuhan yang melihat dan memperhatikan) akan menjadi sebuah kabar baik tetapi bagi mereka yang masih mengikuti jalan yang jahat maka semuanya Tuhan lihat dan akan diminta pertanggungjawaban oleh Tuhan.

Oleh sebab itu kita harus menjaga setiap kehidupan kita supaya baik di mata Tuhan dan selalu bersyukur karena kita punya Tuhan yang selalu melihat dan memberkati setiap kehidupan kita semua.

Ps.Herry Wuntu- Gembala GPPK “House of Grace” BSD City

Close Menu