ALLAH Yang Melihat dan Bertindak

Allah seperti seorang Bapa yang selalu melihat dan memperhatikan kehidupan kita sebagai anak-anak-Nya. Dia akan selalu mengawasi kita, menjaga dan menolong setiap kita. Allah yang begitu baik selalu melihat dan memperhatikan kita seperti yang dinyatakan dalam Kejadian 16:13, bahwa Dialah EL-ROI yang memiliki arti Allah yang melihat aku. Dimana kejadian ini terjadi bagi seorang yang bernama Hagar. Kisah Hagar yang mengalami kesulitan dalam hidup tapi akhirnya mengalami pertolongan Tuhan sehingga menyatakan bahwa Dia melihat bagaimana Allah yang melihat dan memperhatikan kesulitan hidupnya dan akhirnya menolongnya.

Dalam Mazmur 11:4 “TUHAN ada di dalam bait-Nya yang kudus; TUHAN, takhta-Nya di sorga; mata-Nya mengamat-amati, sorot mata-Nya menguji anak-anak manusia. kita juga bisa bandingkan dalam Alkitab Versi Muda Dibaca (VMD) TUHAN ada di istana kudus-Nya. TUHAN bertakhta di surga. Ia melihat segala sesuatu yang terjadi. Ia mengamati orang dari dekat.

kita juga bisa melihat di dalam Amsal 5:21 “Karena segala jalan orang terbuka di depan mata TUHAN, dan segala langkah orang diawasi-Nya” dalam Alkitab VMD dikatakan “TUHAN melihat dengan jelas segala sesuatu yang kaulakukan. Dia memeriksa ke mana saja engkau pergi.”

Lewat kedua ayat ini memberikan sebuah penjelasan bahwa Tuhan melihat segala sesuatu. Dia tahu semua yang kita lakukan pada saat ini.

Demikian juga dinyatakan dalam Amsal 15:3 “Mata TUHAN ada di segala tempat, mengawasi orang jahat dan orang baik.” dan menurut Alkitab BIMK dikatakan “TUHAN melihat semua yang terjadi di segala tempat; Ia memperhatikan semua yang baik dan yang jahat.”

Dalam Ibrani 4:13 “Dan tidak ada suatu makhlukpun yang tersembunyi di hadapan-Nya, sebab segala sesuatu telanjang dan terbuka di depan mata Dia, yang kepada-Nya kita harus memberikan pertanggungan jawab.” dan menurut Alkitab TSI “Dan ingatlah: Tidak ada makhluk yang bisa menyembunyikan diri dari Allah. Segala sesuatu terlihat jelas oleh Allah —  bahkan semua isi hati kita terbuka di hadapan-Nya. Dan setiap kita akan berdiri dan memberi pertanggung-jawaban kepada-Nya.

Lewat-ayat ini memberikan sebuah kesimpulan bahwa Dia mampu melihat segala sesuatu dengan jelas dan tidak ada satu pun yang tersembunyi dihadapan-Nya, semua Dia tahu dan bagi kita sebagai anak-anak-Nya Dia memperhatikan dan pasti Dia akan bertindak menolong kita.

Dalam Alkitab, ada contoh-contoh yang jelas bagaimana Dia Allah yang melihat, memperhatikan dan bertindak menolong setiap kehidupan.

  1. Tuhan memperhatikan Nuh dan orang sezamannya (Kejadian 6:5-9-12)
  2. Tuhan memperhatikan Sara (Kejadian 21:1)
  3. Tuhan memperhatikan bangsa Israel (Keluaran 2:25; 3:7; Ulangan 2:7)
  4. Tuhan memperhatikan Yunus dan bangsa Niniwe, (Yunus 1:1,2; 3:10)
  5. Tuhan memperhatikan Zakheus (Lukas 19:5)
  6. Tuhan memperhatikan orang banyak, (Markus 6:34)

Oleh sebab itu ingatlah bahwa :
Mazmur 11:4 : Tuhan melihat segala sesuatu yang terjadi
Amsal 5:21 : Tuhan melihat segala sesuatu yang kita lakukan
Ibrani 4:13 : Tuhan yang melihat segala sesuatu dimana kita akan bertanggung jawab.

Sikap kita sebagai anak-anak Tuhan yang selalu melihat, memperhatikan dan bertindak bagi kita adalah 1. Tetap percaya dan tenang. 2. Memperhatikan seluruh aspek kehidupan kita. (Efesus 5:15)

Amin

Close Menu