Senin, 15 November 2021 Yesus Pasti Datang Kembali

2 Petrus 3:8-13
“Tuhan tidak lalai menepati janji-Nya, sekalipun ada orang yang menganggapnya sebagai kelalaian, tetapi Ia sabar terhadap kamu, karena Ia menghendaki supaya jangan ada yang binasa, melainkan supaya semua orang berbalik dan bertobat.” (ayat 9)

Pandangan ekstrim tentang kedatangan Yesus yang kedua kali terbagi dua. Ada orang-orang yang menganggap kedatangan itu tidak mungkin terjadi (ayat 4). Namun ada juga orang-orang yang begitu yakin terhadap kedatangan itu sampai sibuk menghitung-hitung tanggal kedatangan-Nya. Lalu bagaimana seharusnya sikap kita?

Petrus mengajarkan tiga hal penting mengenai kedatangan Yesus yang kedua.
Pertama, Tuhan adalah kekal dan tidak dibatasi ruang dan waktu. Perspektif waktu Tuhan berbeda dengan manusia (ayat 8). Masalah waktu kedatangan Yesus yang kedua kali ada dalam kedaulatan Allah. Kita tidak dapat memperkirakan waktu itu. Yang dapat kita lakukan adalah menanti dengan sikap berjaga-jaga (ayat 10, band. Mat 24:36-44).
Kedua, Tuhan tidak lalai menepati janji-Nya (ayat 9). Meski terasa lama, Tuhan tidak melupakan janji kedatangan-Nya. Petrus menyatakan bahwa “penundaan” itu bukan karena Tuhan lalai, melainkan karena kasih-Nya yang mendalam kepada manusia. Tuhan masih ingin memberi waktu kepada manusia agar mengenal Dia dan bertobat dari dosa mereka. Jika Yesus belum datang juga, hal itu harus dilihat sebagai tanda kesabaran dan kasih-Nya.
Ketiga, kita harus melihat kedatangan Yesus dari dua perspektif, yaitu kehancuran dunia (ayat 11-12) dan pengharapan (ayat 13). Kedatangan Yesus menandai akhir dunia ini dengan penghancuran dunia dan penghukuman kepada orang yang tidak percaya. Namun orang percaya punya pengharapan akan langit dan bumi baru yang penuh kebenaran (band. Why 21:1-4).

Hendaklah kita tidak ragu dalam menantikan kedatangan Yesus. Keyakinan itu seharusnya memacu kita untuk hidup dalam kekudusan dan kesalehan (ayat 11). Orang percaya harus hidup dengan mengingat terus hari kemuliaan itu. Pada hari itu Yesus akan datang kembali dan memberi mahkota kepada mereka yang hidup dalam kesalehan dan setia bekerja bagi Dia. Tuhan tidak pernah melupakan janji-Nya. Amin
Tuhan Yesus memberkati

Close Menu